Sejarah Musik

7 min read

Musik merupakan suara yang di susun sedemikian rupa sehingga menghasilkan suara. Musik mengandung irama, lagu dan keharmonisan yang di hasilkan dari suara alat yang menghasilkan irama.

https://id.wikipedia.org/wiki/Musik

Seperti yang kita ketahui sebagai masyarakat negara dengan kekentalan adat, hampir di setiap adat memiliki ciri khas musik masing-masing.

Dalam setiap budaya selalu di temukan yang namanya musik, dalam masa kini dan masa lalu yang keberadaannya meneyesuaikan antara waktu dan tempat.

Menurut sejarah musik sudah ada sejak 55.000 tahun yang lalu di saat pertama kali manusia menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Dalam sejarah kemungkinan pertama kali adanya musik adalah di Afrika yang kemudian menjadi bagian dasar kehidupan manusia.

Budaya yang di miliki musik masih sangat dipengaruhi oleh musik zaman kuno yang termasuk di dalamnya juga adalah budaya seperti sosialisasi, organisasi ekonomi akses teknologi dan juga iklim.

Musik mengungkapkan sebuah emosi dan juga situasi di mana musik dimainkan, di dengar dan bagaimana sikap pemain musik yang bervariasi antar daerah dan periode.

Musik Zaman Kuno

Dalam sejarah periode musik salah satunya ada periode musik zaman kuno, mari di baca dengan sedikit cemilan hehe.

Langsung saja ada beberapa sejarah musik zaman kuno yang bisa kita bahas satu-persatu sebagai berikut.

Musik Mesir

Sejarah musik mesir pada zaman kuno ini telah dapat kita ketahui karena adanya monumen prasasti seperti harpa dalam bentuk dan ukuran yang berbeda.

Sejarah musik mesir ini terjadi kurang lebih sekitar tahun 2000 SM.

Lyra, gitar, mandoling, seruling, merupkan beberapa alat musik yang ada pada makam yang megah.

Yang tertulis pada dinding riwayat kehidupan rumah tangga bangsa Mesir.

Dari situ kita dapat mengetahui bahwa seni musik mempunyai peranan yang sangat besar dalam pengiring kebaktian, tarian, ratapan terhadap kematian, dan jamuan makan.

Musik Yunani

Dimulai dari tahun 1100 SM, bangsa yunani kuno sangat menyukai musik bahkan musik adalah bagian penting dari hidupnya.

Permainan musik bangsa Yunani bertujuan untuk memuja dewa dan dewi mereka dan menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih beradab dan indah.

Namun bunyi khas musik bangsa yunani tidak di ketahui, karena mereka tidak meninggalkan tulisan musik mereka.

Beberapa alat musik Yunani kuno seperti pipa (syrinx), lira, drum serta simbal.

Masa Prasejarah

Musik prasejarah pada 3000 SM. Musik ini melibatkan musik arab yang terdapat dalam prasasti Asyria dari abad 7 SM.

Musik Arab sangat berperan penting bagi bangsa Mesir dan Mesopotamia, terjadinya hal ini karena Arab berdagang dan berkontrak dengan bangsa sekitarnya seperti Yunani, Mesir, Mesopotamia dan Yahudi.

Dalam hal ini pengaruh timbal balik terjadi dengan ini setiap perbedaan alat musik akan memiliki nama berbeda di setiap negara.

Arab telah memakai musik sebelum lahir agama Islam, musik yang di gunakan untuk agama animis.

Musik Islam dan Sekolah Klasik Musik Arab

Rasulullah Muhammad SAW lahir di Mekkah dan yang pertama kali mewartakan agama Islam di Mekkah, yang senang dengan musik namun juga melawan musik.

Dalam hal membedakan musik mana yang baik untuk agama dan yang tidak baik.

Dibawah khalifah pertama musik duniawi mula-mula mengalami kemunduran dengan berkembangnya agama Islam.

Namun kemudian musik mendapat dukungan oleh khalifah ummayah. Ciri khas musik pada waktu itu adalah bernyanyi sendiri dengan iringan lute.

Musik Cina

Pada tahun mulai 2000 SM, bangsa Tiongkok menceritakan asal-usul susunan nada pada tahun 2700 SM. Pada pemerintahan kaisar Hoang Ty, menunjuk seorang bernama Ling-Lun dan membuat peraturan serta menentukan peraturan dasar ilmu olah nada.

Tugas yang diemban Ling-Lun yang kemudian pergi ke sebuah daerah bernama Sing Yung, terdapat mata air sungai Hoang- Ho.

Terdapat gunung berhutan kayu dan bambu yang lebat, dari sini Ling mendapat gagasan untuk membuat sebuah seruling, pipa seruling yang terbuat dari ranting bambu.

Terdapat sepasang burung betina dan jantan di sebut Fung Hoang yang menghasilkan nada berbeda atau di sebut nada setengah. Ling ini menirukan nada burung tersebut dengan seruling yang menghasilkan nada paling rendah yang di sebut F atau nada besar.

Nada yang di hasilkan dari seruling ini kemudian berganti nama menjadi Istana Kaisar dan seruling yang di buatnya menjadi Hoang-Tschung yang berarti jam kuning.

Nada yang di temukan tersebut sekaligus sebagai nada purba, dengan penemuannya Ling kembali ke istana untuk menentukan nada yang tepat.

Yang dilakukan Ling adalah menuangkan biji gandum hitam ( chou ) pada seruling bambu bertujuan untuk mengetahui nada dasar.

Bangsa Tiongkok akhirnya mengetahui nada dasar dengan menggunakan pengaruh gabungan antara mitos perhitungan matematis, menurut Amiot dalam bukunya Memories sur La Musique des Chinois.

Musik India

India Kuno menganggap bahwa musik yang ada pada mereka adalah berasal dari dewa-dewa.

Vina yang di anugrahkan dari Saraswati istri brahma yang akhirnya Saraswati di sebut dewa pelindung seni suara (musik).

Kitab Veda yang di dalamnya menyimpan hymne yang termasuk dalam bidang seni musik.

Brahmana menyimpan banyak naskah nyayian kuno yang mempunyai kekuatan gaib. Beberapa lagu di antaranya memiliki kekuatan untuk membuat manusia atau hewan bergerak seperti yang di inginkan oleh penyanyi.

Tangga nada yang dimiliki India sama dengan tangga nada yang di miliki Cina yakni 5 tingkatan tangga nada. Di temukannya persamaan ini membuktikan kedekatan antara kedua bangsa tersebut sejak jaman kuno.

Irama lagu india sangat berubah-ubah, yang disebabkan oleh besarnya atau banyaknya corak bait syair-syair Hindu.

Alat musik india adalah Vina, yaitu alat musik petik india. Alat ini mempunyai 7 dawai dengan jangkauan nada yang lebih luas dari 2 oktaf.

Di perkirakan usia dari alat ini dikenal dari dongeng bahwa alat ini ditemukan oleh Saraswati, dewi seni india, merupakan alat yang paling disukai oleh dunia yang beradab.

Magaudi alat selanjutnya yang berdawai berbentuk seperti gitar yang kemungkinan berasal dari Arab.

Pawang ular India menggunakan alat ini dengan 4 dawai yang di gunkan untuk menyihir ular.

Alat musik yang lainnya yang di kenal oleh india seperti seruling tunggal maupun ganda, ada juga alat musik gesek sejenis dengan biola bernama serinda yang juga di gunakan pada seni musik india.

Musik Jepang

Dimulai tahun 600 SM, dikisahkan raja Dairi yang masih abudaya mengirim utusan untuk mempersembahkan hadiah bulubekti untuk kaisar Cina, yang menimbulkan kebudayaan dari hubungan antar dua bangsa yang membuat aliran kebudayaan Cina ke negeri Jepang.

Watak kedua bangsa antara Cina dan Jepang sangat berbeda, bangsa Jepang lebih bersungguh-sungguh dari Cina. Tapi musik bangsa Jepang dan Cina masih tetap satu keluarga dalam arti tidak beda jauh.

Seni musik di jepang merupakan seni yang berharga dalam bangsanya dalam artian terhormat.

Musik Indonesia

Sejarah musik Indonesia dimulai pada tahun 1 M

Sejarah musik Indonesia di mulai karena adanya Imigrasi Pra – Melayu pada tahun 2500-1500 SM. Terjadinya perpindahan bangsa dari Asia ke Asia Tenggara yang membawa serta kebudayaan.

Mengembangkan semacam lagu pantun dimana putra dan putri bernyanyi dengan sahut-menyahut.

Sejarah Musik Indonesia yang lainnya adalah Imigrasi Proto Melayu yang terjadi sekitar tahun 4 sM pada jaman perunggu. Berasal dari cina seorang bernama Annam yang membawa tangga nada pelog yang kemudian di bawa oleh kelompok Proto Melayu ke Indonesia.

Membawa alat Musik Gong-gong yang di temukan di pulau Jawa.

Perkembangan Musik Dunia

Perkembangan musik dunia di mulai sejak abat ke 2 dan abad ke 3 sebelum masehi. Tiongkok dan mesir yang mempunyai bentuk musik tertentu yang mendapat pengaruh dari Mesir dan Babilon yang kemudian musik hibrani berkembang dan menjadi musik gereja yang kemudian di senangi oleh masyarakat.

Dengan adanya pemain musik yang mengembara dan menyanyikan lagu yang di pakai pada upacara gereja yang kemudian musik tersebut tersebar di seluruh Eropa.

Musik terus bertumbuh dan berkembang hingga maju dengan pesat. Setelah perbaikan beberapa alat musik seperti biola dan cello di temukan alat musik baru yakni Orgel.

Hingga muncul seorang komponis besar di Jerman, Prancis, Italia dan Rusia.

Di abad 19 kebangsaan mulai berkembang dengan menimbulkan pecahnya perkembangan musik .

Musik sudah ada sejak jaman purbakala yang digunakan sebagai alat untuk mengiringi upacara kepercayaan.

Pembagian Zaman Perkembangan Musik Dunia

Perkembangan musik dunia di bagi menjadi 6 zaman.

  • Zaman Abad Pertengahan

Zaman ini merupakan berakhirnya kerajaan Romawi sampai Reformasi Kristen oleh Marthen Luther.

Penyebabnya adalah perubahan keadaan dunia yang terus meningkat dam muncul banyak sekali penemuan baru yang kebudayaan juga ikut serta didalamnya.

Pada zaman ini musik tidak lagi tentang kepentingan agama tapi juga duniawi sebagai sarana hiburan.

Dalam zaman ini juga telah dilakukan perbaikan tulisan musik dan dasar teori musik.

  • Zaman Renaisance

Zaman setelah abad pertengahan ini merupakan zaman kelahiran kembali kebudayaan tinggi yang ada saat zaman Romawi.

Musik di pelajari secara khusus, seperti musik percintaan dan keperwiraan namun musik gereja pada zaman ini mengalami kemunduran.

Alat musik piano dan organ mulai di kenal pada zaman ini dan muncul musik instrumental.

Zaman ini juga memunculkan seni opera di kota Florence, yang merupakan sebuah seni sandiwara dengan iringan musik yang di sertai oleh penyanyi.

  • Zaman Barok dan Rokoko

Zaman pertengahan kemajuan pada perkembangan musik di tandai dengan munculnya aliran musik baru seperti Barok dan Rokoko. Meski kedua aliran ini hampir sama sifatnya dengan adanya pemakaian ornamentik yang ada pada improvisasi.

spontan oleh pemain dan pencatatan musik Rokoko pada semua hiasan ornamentik.

  • Zaman Romantic

Musik romantic menentukan perasaan yang subjektif bukan saja di pergunakan untuk mencapai keindahan nada tapi juga di gunakan sebagai ungkapan sebuah perasaan.

Disini dinamika dan tempo sangat banyak di gunakan oleh komponis pada zaman romantic.

  • Zaman Modern

Zaman ini di mulai sekitar tahun 1900 hingga sekarang musik di zaman ini adalah musik yang tidak mengakui adanya hukum dan peraturan karena kemajuan ilmu teknologi yang semakin maju.

Di zaman ini juga muncul penemuan seperti Film, Radio, dan Televisi.

Sejarah Perkembangan Musik Indonesia

Sejarah perkembangan musik pada tanah air kita tercinta merupakan seluruh musik yang berkembang di Nusantara.

Musik nusantara menunjukkan adanya ciri khas Indonesia dengan bahasa dan gaya melodinya.

Musik Indonesia terbagi menjadi seperti berikut :

  • Musik Tradisi Daerah
  • Musik Keroncong
  • Musik Dangdut
  • Musik Langgam
  • Musik Gambus
  • Musik Perjuangan
  • Musik Pop

Ada beberapa tahapan musik Nusantara :

  • Masa Sebelum Masuknya Hindu Buda

Di masa sebelum masuknya Hindu-Buda di nusantara musik di pakai sebagai bagian dari kegiatan ritual masyarakat.

Ada beberapa kelompok yang menghasilkan bunyi-bunyi dari anggota badan atau alat tertentu yang di yakini memiliki kekuatan magis.

Instrumen atau alat musik yang di gunakan pada masa itu berasal dari pemanfaatan alam sekitar.

  • Masa Setelah Masuknya Hindu-Buda

Pada masa ini musik di istana khususnya jawa tidak hanya di pakai sebagai ritual saja tapi kegiatan istana lainnya seperti persembahan hiburan untuk tamu raja.

Pada masa ini musik istana yang berkembang adalah gamelan yang terdir dari 5 kelompok yaitu :

– Balungan
– Blimbingan
– Pencon
– Kendang
– Pelengkap

  • Masa Setelah Masuknya Islam Ke Indonesia

Masuknya bangsa Arab ke Indonesia untuk berdagang tidak hanya sekedar berdagang saja namun mereka juga membawa serta budaya musiknya dan memperkenalkan alat musiknya berupa gambus dan rebana.

  • Masa Kolonialisme

Masuknya bangsa barat ke Indonesia yang membawa pengaruh besar untuk bangsa terhadap perkembangan musik.

Pendatang dari barat ini memperkenalkan alat musik dari bangsanya seperti biola, cello, gitar, seruling dan ukulele.

Tidak hanya alat musik tapi mereka juga membawa sistem solmisasi di beberapa karya lagunya.

Di masa ini mulai aliran musik modern yang merupakan gabungan dari musik indonesia dan barat yang kemudian musisi indonesia menggabungkan kedua musik ini hingga terjadilah musik keroncong.

  • Masa Kini

Beriringan dengan masuknya media elektronik ke Indonesia, berbagai jenis musik barat seperti pop jaz, blues, rock, R&B juga di iringi masuknya musik India yang di bawa masuk melalui film.

Masuknya jenis musik dari barat ini yang kemudian dipadukan dengan musik Indonesia.

Seperti musik india yang di padukan dengan musik melayu yang kemudian menjadi musik dangdut.

Namun berkembang juga antara semua musik barat yang di padukan dengan musik Indonesia yang memadukan unsur kedaerahan indonesia dengan musik barat dan terciptalah musik etnis.

Evolusi Musik

Evolusi musik dimulai dari tahun 90 an hingga sekarang, di era 90 an ini band dan penyanyi solo memimpin yang akhirnya melahirkan diva Indonesia diantaranya Krisdayanti, Titi DJ, Ruth Sahanaya dan yang paling di kenang adalah Nike Ardila.

Dengan kemunculan diva maka tidak mau kalah dengan para wanita di buatlah band yang personilnya adalah para laki-laki yang kemudian sukses merebut hati para remaja.

Seperti Sheila On7, Gigi, Dewa 19 band legendaris yang musiknya masih sangat di gemari hingga sekarang.

Dan di era awal tahun 2000 dangdut muncul tepatnya adalah dangdung koplo dengann sang penyanyi legendaris Roma Irama dan Inul Daratista.

Yang sukses mengguncang jagad hiburan dengan musik dangdut dan goyang kotroversinya.

Pada era 2003 muncul band pop melayu, karena pengaruh musik dangdut dengan goyang erotis sudah banyak di cekal dan kembali lagi pengaruh musik indonesia kembali kepada band.

Nah berikut tentang secuil sejarah musik dunia.

akan kita sambung di artikel berikutnya tentang sejarah musik dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: