Manfaat Jahe Merah dan Jenis-Jenis Jahe

3 min read

manfaat jahe merah

Manfaat Jahe Merah- Jahe termasuk kedalam jenis zingiberaceae atau suku temu-temuan. Jahe yang sering kita kenal sebagai bahan masakan dan juga minuman yang menghangatkan. Jahe termasuk kedalam tumbuhan berkeping dengan nama lain Zingiber officinale.

Jahe merupakan tanaman yang sudah sejak lama berada di Asia dan di budidayakan. Termasuk dalam jenis rempah-rempah, nama zingeber berarti tanduk menandakan nama dan bentuk jahe sendiri seperti bertanduk.

Tanaman Jahe kemudian berkembang di beberapa negara seperti Cina, Timur Tengah dan India tidak hanya di jadikan sebagai rempah bumbu masak tapi jahe juga dijadikan sebagai pengobatan tradisional.

Jahe memiliki aroma khas yang kuat, dipercaya bahwa mengkonsumsi jahe secara rutin akan mendapatkan berbagai manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. penasaran manfaat apa saja yang di dapat jika mengkonsumsi jahe mari kita bahas.

Jenis-Jenis Jahe dan Karakteristiknya

manfaat jahe

Sebelum membahas manfaat jahe baiknya kamu perlu tahu apa saja jenis-jenis jahe yang ada, karena beda jenis jahe bisa memberikan manfaat yang lain bagi tubuh dan tingkat kepedasa yang berbeda. Ada beberapa jenis jahe yang umum di ketahui meski bentuknya cukup sama, berikut :

Jahe Putih

Jahe ini juga disebut dengan nama jahe kuning besar, jahe gajah, jahe badak atau jahe kombongan. Jenis jahe putih memiliki rimpang yang besar dan gemuk dengan potongan melintang berwarna putih kekuningan, berserat sedikit dan lembut.

Jahe putih sering dikonsumsi sebagai wedang jahe, atau minuman jahe dan banyak digunakan sebagai bumbu masak. Rasa yang dimiliki jahe putih tidak cukup tajam.

Jahe Putih Kecil

Jahe putih kecil atau jahe emprit, memiliki garis putih melintang kekuningan, berbentuk pipih, memiliki aroma agak tajam dan berserat lembut. Jahe emprit biasa dipanen agak lebih tua.

Beraroma lebih tajam ternyata jahe emprit memiliki banyak kandungan minyak astiri di banding jahe gajah.

Jahe Merah

Jahe merah merupakan jahe yang memiliki aroma lebih tajam dibanding jahe gajah dan jahe emprit. Karakteristik jahe merah memiliki rimpang berwarna jingga hingga merah, dengan serat yang kasar tidak halus seperti jahe emprit dan jahe gajah.

Kandungan minyak astiri yang dimiliki jahe merah juga lebih banyak yang pastinya memiliki rasa yang paling pedas di banding jahe emprit dan jahe gajah. Kegunaan jahe merah sendiri memang biasa di gunakan sebagai bahan pengobatan alternatif sebagai obat dan jamu. Biasanya jahe merah dipanen dalam umur yang tua.

Manfaat Jahe

manfaat jahe untuk diet

Ada banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh jahe, kandungan anti mikroba yang dimiliki jahe bahkan mampu mengatasi penyakit menular. Dengan rutin mengkonsumsi jahe khasiat yang kita dapatkan juga akan semakin banyak.

Berikut pembahasan beberapa manfaat yang didapat jika mengkonsumsi jahe secara rutin.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

manfaat jahe untuk kesehatan

Kandungan gingerol pada jahe segar masih cukup banyak, jahe segar juga memiliki aroma yang lebih tajam. Ada beberapa masalah kesehatan yang efektif diatasi jika konsumsi jahe.

Membantu Atasi Masalah Pencernaan

Kandungan phenolic yang ada pada jahe meredakan iritasi gastrointestinal dan menstimulasi air liur dan membantu jalannya makanan saat dalam sistem pencernaan. Proses ini juga mengatasi kontraksi pada perut. Jahe juga mampu membantu mengeluarkan gas berlebih pada tubuh.

baca juga manfaat bawang putih untuk kesehatan

Mengurangi Mual

Morning sickness, vertigo dan efeksamping pengobatan kanker juga dapat diatasi dengan jahe. Cukup menyajikan jahe untuk dikonsumsi baik dimakan langsung atau menjadikannya minuman.

Mengurangi Rasa Sakit

Sangat cocok untuk kamu yang hobby olahraga, penelitian di Universitas of Georgia menyatakan bahwa rasa sakit yang diakibatkan karena olahraga akan berkurang sebanyak 25% dengan konsumsi jahe.

Untuk para wanita konsumsi jahe juga sangat cocok saat masa menstruasi, wajib banget di coba untuk kamu para wanita yang sakit saat menstruasi.

Sebagai Detoksifikasi Alami

Jahe juga sangat bagus digunakan sebagai detoksifikasi, memakan jahe yang pedas dapat memicu keluarnya keringat yang bagus saat kamu terserang flu. Berkeringat juga bagus untuk membasmi microorganisme yang dapat menyebabkan infeksi kulit.

Mencegah Penyakit Kanker dan Anti Peradangan

Gingerol pada jahe dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada usus besar, tidak hanya pertumbuhan namun juga penyebaran.

Ternyata gingerol juga bersifat anti inflamantori. Penderita rematik atau yang mengalami penyakit persendian dapat mengkonsumsi jahe. Konsumsi jahe secara teratur dapat mengurangi pembengkakan dan juga rasa sakit.

Manfaat Jahe Untuk Menurunkan Berat Badan

manfaat jahe

Studi menemukan bahwa konsumsi jahe panas dapat mencegah atau mengurangi rasa lapar sehingga metode ini baik digunakan untuk diet. Karena jahe dapat menekan laju kalori yang dibakar dan metabolisme pada tubuh sehingga kamu tidak akan makan lapar dan makan terlalu banyak.

Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin akan membantu menurunkan berat badan kamu.

Manfaat Jahe Merah

manfaat jahe merah

Jahe merah memang memiliki karakteristik yang berbeda dari jahe biasanya meskipun begitu jahe merah memiliki banyak sekali manfaat. Kandungan gingerol dan anti bakteri pada jahe merah juga cukup banyak, jahe merah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat jahe merah bagi kesehatan tubuh:

Manfaat Jahe Merah untuk Sistim Pencernaan

Kandungan zat aktif pada jahe merah dapat melindungi sistem kekebalan tubuh kita. Jahe merah juga memiliki banyak kandungan ekstrak minyak yang dapat membasmi bakteri jahat pada sistem pencernaan.

Jahe merah juga bisa ditambahkan kedalam makanan untuk mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri dan dapat dijadikan sebagai pengawet alami makanan. Dengan begitu kita dapat terhindar dari resiko keracunan makanan.

Kehangatan yang diberikan oleh jahe merah dipercaya menenangkan proses pencernaan, tidak hanya itu jahe merah juga ampuh menangani flu.

Jahe Merah Bermanfaat Atasi Radang Otot

Manfaat lain pada Jahe Merah adalah membantu atasi peradangan otot baik dalam tingkat yang kronis sekalipun. Zat aktif yang dikandung jahe dapat menurunkan leukotrien dan plostagrandin yang memicu peradangan otot.

Pada jahe merah terdapat kandungan oleoresin daripada jahe biasa yang dapat bekerja dengan baik bersama anti peradangan yang di kandung jahe merah.

Manfaat Jahe Merah Bagi Pria

Jahe merah dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pada pria, kandungan antioksidan pada jahe memiliki aktivitas androgenik yang dapat meningkatkan jumlah hormon esterogen.

Cara Membuat Minuman Jahe

minuman jahe

Minuman jahe merupakan salah satu minuman herbal yang bisa kita buat sendiri di rumah. Banyak sekali macam minuman jahe yang kita ketahui, salah satu manfaat minuman jahe adalah untuk menghangatkan tubuh.

Bagaimana cara membuat minuman jahe sendiri di rumah? Berikut yang harus di siapkan untuk membuat minuman jahe :

Bahan :

  • Jahe secukupnya
  • Sere
  • Jeruk Nipis
  • Asam Jawa
  • Susu
  • Madu
  • Air

Cara Membuat

Resep I

  • iris jahe tipis
  • potong jeruk nipis dan sere sesuai selera
  • didihkan air
  • masukkan jahe dan sere kedalam air mendidih
  • tunggu sampai tercium aroma wangi
  • angkat dan tuangkan airnya kedalam gelas
  • jika sudah mulai hangat tambahkan madu dan perasan jeruk nipis
  • jika ingin mengganti jeruk nipis dengan asam juga bisa

Resep II

  • iris jahe tipis
  • masukkan kedalam air mendidih
  • angkat dan sajikan kedalam gelas
  • tambahkan susu setelah hangat
  • tambah dengan madu

Cara membuat minuman jahe sangat gampang bukan, selamat mencoba

Baca juga manfaat daun pandan untuk kesehatan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: