Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

3 min read

manfaat daun andan untuk kesehatan tubuh

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Tubuh– Daun pandan atau bisa di sebut pandan wangi bernama lain pandanus sudah menjadi ciri khas dunia boga Indonesia. Daun pandan dengan bau yang khas ini biasa digunakan sebagai tambahan aroma makanan dan juga pewarna alami.

Daun pandan sering digunakan dalam pembuatan kue dan juga penyedap masakan seperti bubur kacang hijau. Daun pandan juga biasa digunakan sebagai hiasan pada masakan.

Beraroma wangi ternyata daun pandan tidak hanya digunakan sebagai pelengkap makanan saja. Siapa sangka jika daun pandan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Daun pandan banyak dijumpai di kawasan Asia Tenggara, daun pandan bisa di jumpai di alam liar. Daun pandan mengandung senyawa alami seperti polifenol, flavonoid, saponin dan alkaloid. Kandungan senyawa pada daun pandan memiliki fungsi sebagai anti septic. 

Beberapa manfaat daun pandan tidak hanya sebagai pelengkap rasa makanan tapi juga sebagai kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Pandan Untuk Mencegah Kanker

manfaat daun pandan, minuman sehat untuk diet

Daun pandan dipercaya dapat mencegah kanker, untuk kesehatan tubuh kita karena kandungan anti karsinogenetik. Daun pandan juga memiliki kandungan antioksidan alami.

Kandungan antioksidan pada daun pandan bagus untuk mencegah kanker. Asalkan konsumsi secara rutin daun pandan dapat mencegah pertumbuhan zat penyebab penyakit kanker.

Manfaat Daun Pandan Menurunkan Tekanan Darah

pewarna makanan alami, minuman sehat untuk diet

Masalah yang sering terjadi pada mayoritas penduduk pribumi ini biasa di sebabkan oleh beberapa hal. Gaya hidup, Konsumsi makanan yang kurang sehat serta usia adalah beberapa faktor utama penyebab darah tinggi.

Darah tinggi atau hipertensi atau naiknya tekanan darah ternyata dapat diatasi dengan mengkonsumsi daun pandan secara teratur.

Manfaat Daun Pandan Bantu Atasi Gula Darah

pewarna makanan alami

Manfaat daun pandan untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengatasi gula darah. Mencampurkan pandan dalam setiap masakan seperti memasak nasi dapat membantu menurunkan atau menyeimbangkan insulin.

Manfaat daun pandan ini sangat membantu untuk kamu yang keturunan diabetes dapat mencegah, dan bagi penderita bisa mengkonsumsi secara rutin sebagai penyeimbang insulin.

Manfaat Daun Pandan Mengatasi Kram

Pewarna makanan alami

Daun pandan juga dapat mengatasi kram seperti kram perut maupun kram otot, dengan mengoleskan daun pandan yang sudah dihancurkan maka kram akan teratasi.

Manfaat Daun Pandan untuk Menurunkan Resiko Encok

manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh

Manfaat daun pandan bagi kesehatan tubuh salah satunya untuk menurunkan resiko penyakit encok. Penyakit encok biasa terjadi pada manusia berusia dewasa lanjut namun tidak menutup kemungkinan pada usia muda.

Daun pandan dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi penyakit encok dengan mengkonsumsi daun pandan secara rutin.

Manfaat Daun Pandan Untuk Rematik

daun pandan

Selain mengatasi encok daun pandan juga dipercaya dapat mengatasi rematik. Mencampurkan daun pandan pada makanan yang di konsumsi penderita rematik atau menjadikan daun pandan sebagai obat pijat.

Rematik akan berkurang jika rutin melakukan pijat dengan daun pandan.

Manfaat Daun Pandan untuk Mengatasi Masalah Pada Gigi

manfaat daun pandan

Manfaat daun pandang yang satu ini cukup aneh di dengar karena dengan mengunyah daun pandan dipercaya meredakan sakit gigi. Kebiasaan masyarakat kuno dulu mengunyah daun pandan di percaya mengatasi masalah gigi dan gusi.

Manfaat Daun Pandan untuk Rambut

daun pandan

Manfaat daun pandan untuk atasi masalah pada rambut seperti ketombe. Ketombe biasa terjadi karena kulit kepala yang kering problem atasi ketombe pada rambut bisa menggunakan daun pandan. Membuat sampo dari daun pandan relatif mudah dengan menghancurkan dan  menambahkan sedikit air diaduk hingga menjadi pasta, sampo pandan bisa langsung digunakan.

Manfaat Daun Pandan Untuk atasi Rambut Rontok

daun pandan

Selain ketombe masalah pada rambut adalah rambut rontok cara pemakaian juga sangat gampang sama seperti mengatasi ketombe. Selain itu daun pandan juga menutrisi rambut agar tidak mudah kusut. Untuk hasil yang maksimal bisa merebus daun pandan terlebih dahulu.

Manfaat Daun Pandan Untuk Atasi Demam dan Sakit Kepala

pandan wangi

Terinfeksi oleh bakteri da virus dapat menyebabkan demam, kandungan antioksidan pada pandan dapat membantu mengatasi demam.

Daun pandan juga mampu mengatasi sakit kepala daun pandan bisa di konsumsi atau di jadikan sebagai aroma terapi. Aroma daun pandan dapat meredakan pusing dan meredakan stress sehingga menjadi lebih rilieks.

Manfaat Daun Pandan untuk Mencegah Sembelit

manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh

 

Daun pandan bisa doi konsumsi untuk melancarkan pencernaan, mengkonsumsi daun pandan secara teratur dianggap bagus untuk pencernaan.

Daun pandan memiliki kandungan alami dan banyak serat. Daun pandan juga baik untuk menjaga berat badan.

Tidak hanya mengatasi sembelit daun pandan juga bagus untuk diet secara alami. Daun pandan juga bagus digunakan sebagai detoksifikasi bagi tubuh, untuk mengeluarkan zat-zat racun.

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Kulit

 

daun pandan

Menggunakan lulur alami dari daun pandan bagus untuk kesehatan dan kelembutan kulit. Melindungi kulit dari sinar UV, selain itu manfaat antioksidan pada daun pandan juga bagus untuk kesehatan kulit.

Manfaat Daun Pandan Untuk Melindungi Kulit dari Gigitan Nyamuk

manfaat daun pandan

Aroma daun pandan tidak disukai nyamuk,meletakkan daun pandan sebagai hiasan dalam ruang juga bagus sebagai penangkal nyamuk. Untuk mengatasi gigitan karena nyamuk daun pandan juga bisa digunakan dengan cara menumbuk dan mengoleskan pada kulit yang digigit oleh nyamuk.

Manfaat Daun Pandan Untuk Mengatasi Jamur Kulit

manfaat daun pandan

Jamur kulit yang menyebabkan gatal pada kulit atau yang biasa disebut panu bisa dihilangkan dengan daun pandan. Cara nya juga sangat mudah, tinggal menghaluskan daun pandan dan mencampur dengan garam secukupnya serta melarutkan dengan air hangat kemudian oleskan kebagian kulit yang terdapat jamur.

Bisa mengulang tips ini untuk hasil yang maksimal.

Manfaat Daun Pandan Untuk Gaya Hidup Sehat

manfaat daun pandan

Daun Pandan memang cocok digunakan sebagai aroma terapi, daun pandan juga cocok untuk meredakan stress dan panik. Aroma daun pandan juga bagus untuk memikat nafsu makan bagi siapa saja yang mencium bau masakan yang sedap oleh daun pandan.

Kandungan antibiotiknya juga bagus untuk daya tahan tubuh.Daun pandan juga memiliki kandungan alkaloid yang cocokuntuk mengobati insomnia yang dapat memberikan efek ketenangan bagi tubuh apalagi jika tubuh membutuhkan istirahat.

Membuat minuman Sehat Dari Daun Pandan

 

Jenis Daun Pandan Wangi pastinya banayak di temui di seluruh daerah di Asia Tenggara, berikut tips membuat minuman sehat dari daun pandan.

Bahan yang di gunakan sangat simple sekali langsung saja.

Bahan :

  • Daun pandan Wangi
  • Jahe
  • Madu
  • Air

Cara Membuat :

  • Siapkan 3 lembar daun pandan ukuran kecil/besar (potong/iris)
  • 1 ruas jahe (kupas bersih)
  • Didihkan Air
  • Jika Air Sudah Mendidih masukkan potongan daun pandan dan jahe
  • Tunggu 1-3 menit
  • Siapkan gelas saji
  • Tang air rebusan pandan dan jahe tunggu sampe suhu menurun
  • Masukkan 3 sendok madu

Cukup Mudah cara membuat minuman sehat dari daun pandan yang memiliki banyak khasiat seperti meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan dan bagus untuk kesehatan sistem reproduksi.

Selamat Mencoba.

Baca Juga Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *