Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan

4 min read

Jual Bawang Hitam tunggal

Manfaat Bawang Putih- Siapa sangka bumbu masak yang wajib ada di dapur ini memiliki banyak khasiat. Selain untuk penyedap makanan bawang putih juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

Bawang putih atau garlic identik dengan aroma yang khas bahkan tidak sedikit juga yang tidak menyukai bawang putih karena aroma bawang putih yang sedikit menyengat. Aroma bawang putih yang menyengat sisebabkan oleh kandungan senyawa zat allicin. Bawang Putih juga memiliki kandungan senyawa khusus lainnya. Selain zat allicin, bawang putih memiliki senyawa seperti vitamin B6, selenium, vitamin C, dan beberapa mineral penting lainnya.

Bumbu dapur yang termasuk kedalam keluarga umbi-umbian ini memiliki nama latin Allium sativum, umbi bersiung budidaya asia ini memiliki 8-10 siung perbungkulnya, dengan berat sekitar 100 gram perbungkulnya bawang putih memiliki kandungan sebagai berikut :

  • 4 kalori.
  • 1 gram karbohidrat. Manfaat Bawang Putih Untuk Pria
  • 0,2 gram protein. Manfaat Bawang Putih Bakar
  • 0,1 gram serat.
  • 0,1 miligram mangan (setara dengan 3% kebutuhan harian tubuh). Manfaat Bawang Putih Tunggal
  • 0,9 miligram vitamin C (setara dengan 2% kebutuhan harian tubuh).
  • 5,4 miligram kalsium (setara dengan 1% kebutuhan harian tubuh). Manfaat Bawang Putih Hitam
  • 0,4 mikrogram selenium (setara 1 persen% kebutuhan harian tubuh).
  • sederet antioksidan seperti  flavonoid, oligosakarida, dan asam amino. Manfaat bawang putih

Manfaat Bawang Putih Lebih Baik dimakan Mentah

Bawang Putih memiliki zat sulfur aktif, saat dikunyah zat sulfur aktif pada bawang putih akan bereaksi membentuk allicin. Beberapa kandungan sulfur yang dimiliki bawang putih seperti alliin, allyl propyl disulfide, dialil disulfida, dan dialil trisulfida.

manfaat bawang putih
pexels.com

Beberapa Khasiat Manfaat Bawang Putih

Beberapa manfaat yang di miliki bawang ini tidak hanya sebagai peningkatan cita rasa dan aroma masakan tapi juga untuk kesehatan, sudah sejak lama di gunakan sebagai obat alami. Berikut beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan :

Untuk Membantu Menurunkan Kolesterol

manfaat bawang putih untuk pria
beranihijrah.com

Sebagai bahan alami, manfaat yang di miliki bumbu dapur yang disebut garlic ini juga mampu mencegah dan menurunkan kolesterol yang tinggi. Mengkonsumsi 10 gram bawang putih atau setara 1-2 siung terbukti menurunkan kolesterol cukup drastis dalam 2 bulan.

Allicin yang ada dalam bawang putih membantu menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol. Lebih uniknya, allicin hanya akan diproduksi oleh bawang putih jika siungnya dipotong, ditumbuk (uleg), atau dihancurkan dengan cara dikunyah.

Manfaat Bawang Putih untuk Mengendalikan Tekanan Darah

manfaat bawang putih dan madu
pexels.com

Bagi yang menderita hipertensi atau beresiko menderita hipertensi, salah satu cara yang paling penting dilakukan adalah menjaga pola makan. Salah satu makanan sehat yang baik untuk penderita ataupun yang berpotensi hipertensi adalah bawang putih.

Sebuah penelitian Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences, menemukan efek tekanan darah sistolik dan diastolik setelah mengkonsumsi bawang putih akan setara dengan mengkonsumsi obat antenol.

Bawang Putih Untuk Menyehatkan Jantung

manfaat bawang putih hitam
pexels.com

Bawang Putih sudah dipercaya sebagai obat tambahan hipertensi dan kolesterol. bawang putih juga dipercaya mencegah penyakit jantung yang pada akhirnya juga mengatasi aterosklerosis.

Manfaat ini dapat diperoleh dari garlic yang dikeringkan. Bawang yang di keringkan atau bisa di sebut aged garlic dapat mencegah penumpukan plak lunak dan mencegah penumpukan plak pada arteri yang dapat menyumbat arteri.

Tidak hanya itu bawang kering atau aged garlic juga teruji dalam penelitian dapat menurunkan kadar kalsium yang dapat menimbulkan plak pada arteri. Terdapat senyawa protein C reaktif yang memicu peradangan sehingga akan terjadi asterosklerosis yang dapat meminimalisir resiko bahkan mencegah serangan jantung.

Menjaga Kesehatan Otak dengan Rajin Konsumsi Bawang Putih

Rajin konsumsi bawang putih juga dapat membantu menjaga kesehatan otak. Dalam bawang putih terdapat FruArg senyawa yang melindungi dari penuaan dan penyakit. FruArg ini juga dapat mengurangi oksida nitrat,  oksida nitrat di produksi oleh sel mikroglia di dalam otak untuk melawan peradangan dan stres oksidatif.

Bawang Putih Untuk Mengatasi Jerawat

manfaat bawang putih mentah
pexels.com

Dalam hal kecantikan bawang putih juga mempunyai andil. Masalah yang umum terjadi seperti jerawat ternyata dapat diselesaikan dengan bawang putih.

Bawang putih dengan kandungan allicin yang bersifat sebagai anti kuman, anti bakteri dan antiseptik serta anti virus. Bawang putih juga mengandung vitamin dan mineral seperti B6, vitamin C, tembaga dan selenium. Kandungan bawang putih dapat dengan mudah mengatasi peradangan akibat jerawat dan juga mengontrol kulit berminyak.

Buat kamu yang sudah melakukan pengobatan akibat jerawat dan belum ada hasilnya bisa mencoba metode alami atasi jerawat dengan bawang putih.

Bawang putih juga dapat membantu mengecilkan pori pada wajah. Cukup dengan menghaluskan bawang putih dan menambahkan sedikit tomat lalu gunakan sebagai masker wajah. Untuk mendapat hasil maksimal, diamkan selama 10-15 dan bilas wajah sampai bersih.

Garlic Membantu Memperkuat Tulang

manfaat bawang putih mentah
beranihijrah.com

Dengan kandungan vitamin D, kalsium dan flavonoid, dapat mengurangi resiko tulang keropos, penelitian telah menemukan jika kandungan ini di miliki oleh keluarga bawang-bawangan. Bawang putih dan daun bawang adalah tumbuhan yang tepat untuk memperlambat proses pengeroposan tulang.

Bawang Putih Dapat Melawan Radang Pilek dan Batuk

Dengan senyawa Allicin yang terdapat pada bawang putih, dipercaya jika mengkonsumsi bawang putih dapat mengobati pilek batuk dan radang tenggorokan. Tidak hanya itu bawang putih merupakan salah satu makanan yang dapat membantu jaga daya tahan tubuh kita.

Manfaat Bawang Dapat Mengatasi Masalah Rambut Rontok

manfaat bawang putih bakar
beranihijrah.com

Bawang putih juga bagus untuk kesehatan rambut. Katanya bawang putih dapat menangani ketombe dan rambut rontok, sifat anti bakteri dan anti mikroba pada bawang putih dapat membantu menjaga kebersihan dan kesehatan kulit rambut.

Bagi penderita Alopecia areata atau kerontokan pada rambut. Alopecia areata di sebabkan karena sistem kekebalan tubuh atau imun menurun yang dapat menyebabkan kerontokan, mengoleskan bawang putih secara teratur dapat menumbuhkan rambut kembali.

Manfaat Bawang Putih Dipercaya dapat Meringankan Sakit Gigi

bawang putih bubuk
beranihijrah.com

Lagi-lagi allicin yang ada pada bawang putih yang dapat membantu redakan sakit gigi. Haluskan bawang putih dengan menambah sedikit garam dan oleskan pada bagian yang sakit. Cara ini sangat efektif untuk membantu meredakan sakit gigi.

Tapi jika sakitnya tidak kunjung sembuh kamu bisa pergi ke dokter untuk menangani sakit lebih detail.

Rutin Konsumsi Bawang Putih Dapat Menurunkan Resiko Kanker

bawang putih tunggal
beranihijrah.com

Bawang tentunya sudah dikenal berabad-abad lalu, dengan kandungan sulfur yang dimiliki bawang putih dipercaya jika rutin mengkonsumsi dapat mencegah penyakit kanker.

Resiko penurunan penyakit kanker telah di uji dalam penelitian yang terbukti mengurangi beberapa jenis kanker seperti kanker usus, kerongkongan, pankreas dan kanker prostat serta kanker payudara.

Nah sekarang sudah tau manfaat bawang putih kan? Tapi bagaimana jika tidak suka konsumsi bawang putih? Kebanyakan kasus yang ditemukan memang karena bau bawang yang menyengat. Nah ada tips untuk kita yang kurang suka dengan bawang bawang putih.

Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih

cara menghilangkan bau bawang pada mulut
beranihijrah.com

Bawang putih memang memiliki aroma yang menyengat bahkan sebelum dikonsumsi lalu bagaimana cara menghilangkan bau bawang setelah di konsumsi atau cara menghilangkan bau bawang putih dari mulut?

Berikut tips atau cara menghilangkan bau bawang putih dari mulut :

  • Cuci bersih bawang dengan air mengalir, pakai air dingin saja ya hehe.
  • Bisa melakukan food combining konsumsi bawang putih dengan campuran seledri dan daun kemangi untuk mengurangi bau yang menyengat.
  • Dapat mengkonsumsi susu rendah lemak setelah makan bawang putih atau yogurt tawar.
  • Yang terakhir sangat mudah, kamu hanya perlu sikat gigi dan kumur dengan cairan pembersih mulut sampai bersih.

Nah itu tadi Manfaat Bawang putih sekaligus Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih dari Mulut.

Kamu juga bisa dapatkan rasa bawang putih yang lezat loh tanpa tersiksa oleh bau bawang dengan konsumsi bawang putih hitam fermentasi, rasanya mirip coklat dan legit seperti dodol.

Yuk Konsumsi Bawang Putih Hitam Fermentasi, klik di Jual Bawang Hitam Fermentasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: