Mengenal Jenis Bahan Kain

4 min read

jenis bahan kain

Bahan Kain- Jenis bahan kain tentunya sangat banyak. Dengan fungsi karakteristik pakaian yang berbeda maka bahan kain yang digunakan juga akan berbeda. Mengetahui jenis bahan kain akan mempermudah kita dalam menentukan bahan kain mana yang cocok untuk digunakan.

Berbeda jenis kain juga berbeda karakteristik dengan tekstur yang khas bahan kain juga memiliki kelebihan variatif saat digunakan. Jenis kain yang ditawarkan di pasaran sangat beragam, mulai dari kualitas yang biasa dan kualitas yang bagus.

Mengenali jenis kain atau bahan ain akan mempermudah kita untuk menentukan bahan yang mana yang cocok untuk kita pakai sesuai kebutuhan. Point penting selanjutnya adalah mempermudah saat membeli bahan kain yang akan kita gunakan dan juga membeli busana secara online.

Berikut akan kita bahas beberapa macam bahan kain yang mungkin saja cocok untuk kamu jadikan sebagai bahan membuat busana kamu.

Jenis-Jenis Kain

Ada beberapa jenis kain yang sering digunakan oleh mayoritas kita, yang tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut beberapa Jenis bahan kain yang sering digunakan membuat busana atau pakaian :

Jenis Bahan Kain Wol

bahan kain wol

Bahan wol merupakan bahan kain yang sering digunakan untuk membuat jaket, sweater dan pakaian hangat lainnya. Karakteristik bahan kain wol ini tentunya hangat, kain wol juga terkenal di industri tekstil Eropa.

Bahan kain wol ini sangat dibutuhkan di negara empat musim karena karakteristiknya yang tebal dan mampu menghalau angin serta menghangatkan tubuh pemakainya.

Material bahan kain wol sendiri berasal dari pintal benang bulu domba yang bertumpuk. Bahan kain wol juga terbuat dari susunan berbagai lemak, polimer protein asam amino, kalsium serta sodium yang membuat bahan kain wol lebih awet.

Kelebihan yang dimiliki kain wol seperti mudah menyerap keringat, tidak mudah terbakar dan mampu menghalau angin. Kelebihan lainnya bahan kain wol juga mampu melindungi kulit dari sinar UV, bahan kain wol juga memiliki kualitas yang baik karena sangat sulit memalsukan bahan kain wol sehingga bahan kain wol yang ada di pasaran tentunya merupakan kualitas asli.

Namun bahan kain wol tentunya juga memiliki kekurangan seperti berat dan noda pada bahan kain wol susah dihilangkan. Jika menggunakan kain wol sebaiknya berhati-hati untuk tidak menodai pakaian kamu.

Untuk harga bahan kain wol sendiri berbeda dan juga tergantung merk produsen yang membuatnya. kain wol meteran dengan pure wol 100% berkisar 200-250 ribu rupiah / @meter dengan lebar 1,4 meter.

Harga bahan kain wol berbeda menurut jenisnya dan kegunaannya selain itu harga bahan kain wol juga dipengaruhi oleh tempat atau daerah dimana bahan kain wol di pasarkan.

Jenis Bahan Kain Moscrepe

bahan kain moscrepe

Bahan kain moscrepe memiliki karakteristik dengan permukaan yang bertekstur. Bahan kain moscrepe merupakan keluarga bahan kain crepe yang memiliki tekstur seperti kulit jeruk. Crepe sendiri merupakan kata dari bahasa Prancis yang berarti kerutan. Bahan kain moscrepe terbuat dari bahan serat rayon yang di tenun dengan mesin tenun dobby.

Permukaan moscrepe seperti lumut oleh karena namanya moss (lumut) yang menjadi ciri perbedaan moscrepe dengan kain crepe yang lain. Bahan Kain moscrepe sering di gunakan untuk membuat pakaian wanita dengan berbagai kelebihan yang cocok.

Karakteristik bahan kain moscrepe tebal namun tidak berat, cocok di gunakan sebagai bahan kain untuk membuat gamis. Serat bahan kain moscrepe rapat dan tidak menerawang. Bahan kain moscrep juga tidak melekat di tubuh (nyeplak) tidak membentuk lekukan tubuh dan kain moscrepe terkesan jatuh yang membuat efek tetap cantik saat dikenakan.

Karena tekstur bahan kin moscrepe ini banyak yang beranggapan kain moscrepe terkesan panas. Namun bisa disiasati kain moscrepe dapat dialasi dengan furing saat di jadikan busana, agar tidak bersentuhan langsung dengan kulit.

Bahan kain moscrepe cenderung tidak mudah kusut. Karena bahan kain moscrepe terbuat dari rayon. Bahan kain moscrepe cenderung menguntungkan pemakainya karena tekstur kainnya akan menyamarkan kusut pada kain tanpa harus ribet menyetrika.

Bahan kain moscrepe yang terbuat dari bahan rayon memeberikan keuntungan penyajian warna bahan kain yang lebih hidup. Bahan kain dengan serat rayon mampu mengikat warna dengan baik. Harga bahan kain rayon juga sangat merakyat meski kualitasnya terbilang bagus.

Jenis Bahan Kain Katun

Bahan kain katun

Bahan kain katun atau cotton merupakan bahan kain yang umum kita jumpai, katun di buat dari serat kapas alami yang nyaman di gunakan sebagai bahan kain untuk membuat pakaian. Bahan kain katun sendiri memiliki banyak jenis. Bahan kain katun sangat cocok digunakan pada wilayah beriklim tropis.

Bahan kain yang memiliki karakteristik adem dan menyerap keringat salah satunya merupakan bahan kain katun. Berikut beberapa jenis katun yang sering di temui di pasaran :

  • Kain Katun Biasa
  • Kain Katun Rayon
  • Kain Katun Cina
  • Kain Katun Silk Sutera
  • Katun Paris
  • Kain Katun Bangkok
  • Kain Katun Satin Jepang
  • Kain Katun Minyak
  • Kain Katun Combed
  • Kain Katun Carded
  • Kain Katun Sateen
  • Kain Katun Denim
  • Kain Katun Flanel
  • Kain Katun stretch

Beberapa bahan kain katun diatas merupakan bahan kain katun yang sering kita temui dan biasa di gunakan. Ada beberapa karakteristik katun yang perlu untuk di ketahui jika membeli bahan kain katun.

Bahan kain katun memiliki tekstur yang halus dan juga menyerap keringat. Bahan kain katun juga tidak membuat kulit mengalami alergi, bahan kain katun bahkan sangat nyaman digunakan. Bahan kain katun juga memiliki daya tahan yang awet dan kuat. Harga bahan kain katun juga sangat terjangkau untuk semua kalangan. Perawatan bahan katun juga sangat mudah.

Meski beberapa jenis katun juga memiliki karakteristiknya sendiri.

Baca juga tarian tradisional indonesia

Bahan Kain Rayon

bahan kain rayon

Bahan kain rayon merupakan bahan kain yang memiliki karakteristik mudah menyerap keringat. Bahan kain rayon bermula sebagai pengganti bahan kain sutra yang akhirnya berubah nama menjadi rayon.

Karakteristik bahan kain rayon mengandung unsur oksigen, kimia karbon dan hidrogen. Kain Rayon memiliki sifat seperti katun yang mampu menyerap keringat. Bahan rayon juga sangat nyaman digunakan, bahan kain rayon juga lembut di kulit serta memiliki permukaan yang halus.

Bahan kain rayon memiliki karakteristik berkilau seperti sutra, tidak mudah kusut dan licin. Bahan kain rayon juga memiliki kelebihan pemulihan elastis, namun retensi bentuk pada bahan kain rayon memerlukan waktu.

Kekurangan bahan kain rayon sangat mudah terbakar di banding dengan kain linen dan katun meski sama-sama terbuat dari serat alami yang di ambil dari serat tumbuhan.

Ada beberapa jenis kain rayon yang memiliki kualitas dan karakteristik masing-masing.

  • Rayon Spandex
    Bahan kain rayon spandex ini sangat cocok digunakan untuk bahan pakaian olahraga dan kaos santai. Dengan karakteristiknya yang elastis bahan kain rayon spandex akan melekat di tubuh saat dikenakan. Bahan kain rayon spandex tidak cocok digunakan untuk membuat pakaian gamis.
  • Rayon Jersey
    Bahan kain rayon jersey berbeda dengan bahan jersey baju bola. Bahan rayon jersey ini biasa di beli secara roll yang memiliki komposisi bahan campuran sintetis, wol dan katun. Menurut komposisi bahannya cocok digunakan sebagai bahan kaos.
  • Rayon Crinkle
    Bahan kain rayon crinkle di buat dengan permukaan yang bertekstur seperti kulit jeruk. Tekstur yang di dapat oleh bahan kain rayon jenis ini memerlukan proses pengkritingan atau di sebut creping. Karakteristik bahan kain rayon Crinkle yang bagus adalah tidak terlalu tipis dan tidak tebal, memiliki bahan yang lembut dan tekstur berkerut. Bahan kain rayon jenis crinkle ini memberikan rasa dingin saat dipakai.
  • Rayon Polyester
    Bahan kain rayon ini terbuat dari campuran serat polyester dan rayon. Kualitas bahan kain rayon jenis ini ditentukan oleh komposisi seratnya, jika kandungan serat polyester lebih banyak maka kualitasnya akan semakin rendah. Kualitas bahan kain rayon dengan gramasi polyyester lebih banyak akan terasa kasar dan mudah robek.

Bahan Kain Diamond

bahan kain diamond

Bahan kain yang satu ini tentu banyak di dengar oleh kebanyakan muslimah, karena banyak sekali produk kerudung yang berbahan dasar kain diamond. Bahan kain diamond masih termasuk dalam kain bertekstur seperti kulit jeruk, yang membedakan bahan kain diamond adalah saat di pegang. Bahan kain diamond saat di pegang akan terasa seperti ada butiran pasir.

Bahan kain diamond juga memiliki beberapa jenis :

  • Kain Diamond Cerutti
  • Kain Diamond Italiano
  • Kain Diamond Bubble

Bahan diamond memiliki karakteristik yang sejuk saat dipakai, kain diamond juga jatuh dan ringan. Karakteristik bahan kain jenis diamond ini juga tidak terawang dan mudah di bentuk jadi sangat cocok di gunakan sebagai bahan dasar kerudung.

Harga bahan kain diamond juga bervariasi tergantung kualitas kainnya, meski begitu harganya tetap terjangkau.

 

Nah itu tadi beberapa jenis bahan kain yang bisa kamu pakai untuk membuat busana atau pakaian, semoga dapat membantu untuk menentukan bahan kain yang cocok.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: