Jalan-Jalan Travelling Malang, Destinasi Wisata Liburan Malang

5 min read

Hai Traveller. Salam kenal, aku Fa penggemar travelling low budged hehe.

Karena terlahir di antara lingkungan yang gemar traveling, membuat keinginan traveling bergelora di jiwa. Memang keberatan ya bahasanya hehe. Aku adalah anak yang aktif mengikuti kegiatan sekolah saat duduk di bangku SMA dulu.

Hari Minggu adalah hari yang di nantikan oleh semua orang, begitu juga aku yang di nantikan kelahirannya dan beruntung aku lahir di hari Minggu, tepat 11 Januari, di sebuah kota kecil yang legendaris dan keren. Blitar, tepat 11 Januari 20 tahun silam aku dilahirkan di sebuah rumah sakit daerah.

Namaku Fa, iya sebut saja Fa, anak tertua dari dua bersaudara, dari kecil aku suka traveling, jalan-jalan lebih tepatnya. Aku seorang Jawa tulen, dari ayahku yang jawa da ibuku juga Jawa, hanya blaster kota saja, kurang keren memang kalo blaster hanya kota, kalo aku bule juga tidak mungkin hehe.

Sudah sangat kepanjangan openingnaya. Langsung saja, aku akan menceritakan pengalamanku, pertengahan 2016 silam aku baru saja lulus dari SMA lalu karena belum niat kuliah kuputuskan untuk belajar bahasa asing, pengalaman ini terjadi di tahun 2016 sialam. Saat aku sedang Kursus bahasa asing di sebuah daerah kecil di wilayah Kediri.

Tempat kecil ini adalah sebuah kampung yang penuh kenangan, ribuan orang dari berbagai daerah dari seluruh Indonesia bertemu dalam sebuah forum belajar ini, susah rasanya melupakan sebuah kampung dengan jutaan kenangan ini. Kampung Inggris adalah namanya, terletak di pojokan Kediri mendekati perbatasan Kediri dengan Jombang. Tepatnya di kecamatan Pare Kabupaten Kediri.

Seperti biasanya aku yang senang bersosialisasi sudah biasa mendapat banyak teman, selain itu aku orangnya yang mudah akrab dengan orang baru, namun kali ini beda, tidak seperti teman-teman di SMA dulu, yang jalan-jalannya hanya ke tempat yang dekat dan ribet dengan pengaturan jadwal, hanya jalan-jalan atau menginap di gunung, kali ini benar benar dunia traveling seakan di depan mata. Tanpa harus terbebani dengan pelajaran sekolah dan tuntutan nilai, bisa jalan-jalan kapan saja asalkan budged mencukupi hehe.

Bermula dari kenaikkan tinggakat atau level pembelajaran, dari basic ke advance setelah lamanya tiga bulan pembelajaran, terjadi jeda libur panjangkurang lebih lima hari, sudah lumayan panjang untuk kita yang belum pernah libur. Anggota kita kurang lebih sebelas orang, tujuh laki-laki dan empat wanita.

Kami bersebelas sudah merencanakan untuk explor sebuah kota tetangga dari kota Kediri, Malang adalah sebuah kota destinasi yang kita rencanakan untuk berwisata selama kurang lebih lima hari. Tujuan kita adalah explor beberapa pantai di daerah ini.

Malang adalah sebuah kota yang berdekatan dari kota kediri, sama-sama terletak di Provinsi Jawa Timur . Tekenal dengan destinasi wisatanya, selain itu di kabupatennya terdapat puluhan pantai yang berjajar di wilayah selatan kabuipaten Malang, lebih tepatnya adalah pantai selatan pulau Jawa.

Malam hari di hari Rabu malam lebih tepatnya, di tanggal yang lupa detailnya kapan, di awal september 2016, kita merencanakan persiapan, kerena kita semua orang luar Kediri dan tentu saja tidak mempunyai kendaraan pribadi, maka di putuskan untuk menyewa kendaraan, dengan low budged dan praktis, maka kita putuskan untuk menyewa sepeda motor.

Di Pare Kediri ini Khususnya di wilayah kampung Inggris ini banyak sekali penyewaan motordan mobil, memang peluang usaha yang sangat bagus, hehe jiwa bisnis keluar. Tidak perlu merogoh kantong cukup dalam unuk merefresh otak setelah tekanan belajar yang cukup menyita perhatian fikiran, dengan hanya kurang lebih 100.000 saja yang sangat pas dengan kantong anak kos dan pelajar tentunya sangat pas untuk buged travelling apa lagi kalo rame-rame ya.

Travelling tidak cukup mahal ala kita, dengan budget seminimal mungkin dan sehemat mungkin mendapatkan destinasi yang kita inginkan, berikut makan, dan penytewaan alat yang di perlukan.

Sekalian aku share untuk tips travelling murah dan low budget ala anak kosan ya, dan buat kalian yang mungkin sedang belajar di kampung Inggris lebih tepatnya, mari di simak tips travelling low budged, sama beberapa destinasi wisata pantai di Malang. Langsung di simak saja ya tips dan peralatan apa saja yang wajib di bawa saat travelling.

Tips dan alat apa saja yang wajib di bawa saat travelling :

  • Penyewaan kendaraan untuk 5 hari kurang lebih 300-400 ribu rupiah. tentunya sangat di perlukan kan ya, jelas lah kita mau pergi pakai apa lagi hehe. kalian bisa sewa mobil atau motor itu juga pilihan kalian ya, waktu itu kita pakai motor, dan itu lebih seru kaya touring motor jadinya, tapi kalo mau nyantai dan lebih aman mobil lebih di sarankan ya.
  • Penyewaan tenda, 100.000 kurang lebih berikut perlengkapan dengan lampu dan perlengkapan masak, yang di maksud perlengkapan di sini hanya dapat lampu colok loh ya bohlam dengan power bank nya, tapi isi sendiri juga ya listrik power banknya. Dan kenapa kita harus sewa tenda ?, sebagai penghematan dan juga memag tidak ada penginapan, atau hotel di tengah hutan hehe.
  • Belanja cadangan makanan, 1 kardus mie instan untuk 5 hari dengan sebelas orang pengonsumsi, ¼ karung jagung( persiapan camping, untuk cemilan malam sebagai pengjangat di malam hari. Bisa juga kalo kalian mau ganti makanan lebih sehat, tapi ga jamin juga 1 kardus mie instan yang di rencana untuk stok sepanjang liburan ini awet, karena pasti kita ada tetangga camping juga nih ya masa iya ga mau bagi-bagi, siapa tau tetangga sebelah tenda jodoh ya ga hehehe.
  • Persiapan perlengkapan yang harus di bawa dan wajib banget di bawa, nyawa dari ke eksisan, power bank dan handphone, camera sebagai pengabadian momen, ini pasti ga akann ketinggalan, sama untuk explor surga nya alam dan OOTD wajib saat travelling.
  • Tas punggung atau tas gunung yang biasa di gunakan mendaki gunung, atau tas Carrier. Aku pakai tas Carrier karena muatnya lebih banyak ya, dan tasnya untuk berdua juga jadi pilihannya jatuh ke Carrier, kalo mau individual bisa pakai Day Pack, tapi sesuaikan kebutuhan saja ya, karena lagi lagi ke kapasitas.
carrier bag

Tapi tidak di anjurkan kalo memang barang kalian dikit ya, lebih praktis bawa day pack, lebih di sesuaikan sama kepentingan atau kebutuhan masing masing.

  • Jaket, di saranin bawa 1-2 potong jaket yang menurut kalian itu hangat sama stylish ya, selain fungsinya untuk menghangatkan juga masuk OOTD, saat kalian jalan-jalan di tempat yang dingin, seperti gunung atau alam terbuka seperti pantai kaya yang aku lakuin.
  • Pakaian, aku saranin pakaian ga usah bawa terlalu banayk ya, bisa bawa sesuai kebutuhan dan di usahakan praktis aja, lebih aku saranin bawa kaos yang mudah di lipet sama mudah keringnya, tapi jangan yang transparan juga ya heheh. Buat yang hijab kalo pingin banget outfitnya stylish siapin aja satu setelan outfit yang menurut kalian itu matching ya, dan ingat ini travelling di alam di hutan, bukan di paris oke girls.
  • Bawahan, lebih ga di saranin pakai jeans, tapi lebih kembali ke kenyamanan masing-masing juga. Kalo aku lebih saranin pakai celana bahan yang santai dan pendek untuk lebih praktisnya, buat yang cowo tapi senyamannya aja karena ini liburmu, acara jalan-jalanmu hehe.
  • Jangan lupa bawa organizer bag atau laundry bag ya, untuk memaisahkan pakaianmu, untuk lebih praktisnya, bukan hanya untuk memisah pakaian kotor dan bersih tapi juga bisa di manfaatnya untuk mengompres pakaian yang kamu bawa, jika ingin lebih praktis lagi, lebih di saranin banget pakai vacuum bag. Untuk kapasitas Carrier yang lebih banyak lagi.
  • Untuk menambah pemanis foto OOTD kamu, dan memperindah moment jalan-jalan, tips traveling yang satu ini wajib banget di ikuti ya, bawa aksesoris sebagai pemanis nya. bisa bawa topi, kalung atau aksesoris yang kalian rasa matching dengan OOTD kalian, bisa yang memang berfungsi banget seperti topi yang ga cuman aksesories tapi juga bisa lindungin kepala dari panas, kacamata, bandana, sleyer yang ga hanya untuk aksesoris tapi bisa juga bantu menghangatkan di malam hari.
  • Selain perlengkapan itu di saranin kamu bawa hammock untuk menggantung di pohon di pantai, ada macam-macam hammock, seperti single hammock atau bisa juga pakai sharing hammock tergantung kesukaan.

Pantai Sendiki Malang

pantai yang kita kunjungi pertama kali (pantai sendiki Malang)

Nah foto di atas adalah salah satu pantai yang aku kunjungin nih di Malang selatan, saat jalan jalan di pantai selatan Malang, namanya pantai Sendiki, rutenya gampang banget menuurutku, pantainya masih belum terjamah manusia saat itu, banyak rumah pohon di sepanjang pantai, ayunan dari kayu dan di belakang pantainya bukit yang masih hutan banget.

Budget yang harus di keluarkan untuk camping di pantai ini, hanya bayar tiket masuk 5-10ribu/@ dan parkir semalaman 10rb/motor. Murah banget kan ga sampai 100.000 loh. pantai selanjutnya ga kalah bagusnya juga.

Pantai Tiga Warna Malang

Pantai Tiga Warna Malang
HTM

Ini paket dan contoh pemandangan jalan-jalan di Pantai Tiga Warna Malang, terletak di desa tambak rejo, sumber manjing, sendang biru, Malang, Jawatimur.

pantai tiga warna Malang

Beberapa wahana yang ada di pantai Tiga Warna Malang seperti snorkling, dan dayung kano, dan beberapa wahana lainnya, HTM dan price nya sudah di label ya.

Gunung Bromo Malang, Penanjakan Bromo

Dari pantai kita beralih ke guung nih teman, yaps apalagi gunungnya malang yang terkenal, Arjuna, Bromo, Kawi dan masih ada lagi ya. Kali ini adalah jalan-jalan Malang ke Bromo.

Nanjak ke puncak Bromo ini cukup asik juga, nah dari beberapa akses mulai penanjakan bisa di pilih salah satu dari rute yang mana, saran kalian yang tidak tau jalannya jangan coba-coba sendiri ya tanpa guide, HTM nya juga cukup murah sekitar 70.000 dan kalian yang mungkin kedinginan saat di Penanjakan Bromo untuk melihat sunrice bisa juga menyewa jaket di pintu masuk penanjakan, karena benar benar dingin banget, tapi jangan hawatir dinginnya akan terbayar dengan indahnya sunrice.

Tracking Buduk Asu Malang

Tracking Buduk Asu Malang ini lumayan memakan waktu sekitar kurang lebih 2 jam jalan kaki dari kebun teh wonosari, bisa di akses dari beberapa rute. Lumayan panjang perjalanan di terjalnya batu makadam di tengah hutan tapi justru di situ letak tantangannya, bikit buduk asu ini ada di akses menuju ke gunung Arjuna. Tidak sedikit penanjak yang menanjak Arjuna melewati Buduk Asu ini.

HTM buduk asu ini kurang lebih 5.000 saja, kita bisa nitip motor di parkiran kebun teh Wonosari dengan pembayaran parkir 2.000 atau jika mau menginap 1 malamnya 5.000 saja.

Tracking Buduk Asu Lawang Malang
Perjalanan ke Buduk Asu
Potret Buduk Asu Tracking
Buduk Asu Malang

Nah ini serangkaian jalan-jalan di kota Malang ya. Untuk para Traveller Malang yang belum mencoba wajib banget mengunjungi twmpat tempat ini ya.

Terimakasih untuk meluangkan waktunya membaca pengalaman sederhanaku. Jangan lupa jalan-jalan Malang, dan explore Malang Kota Wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: