Pengertian Irama dan Birama

1 min read

Irama merupakan bagian dari seni musik termasuk kedalam unsur seni musik.

Dalam sebuah lagu pasti ada yang namanya panjang dan pendek, tinggi rendah serta keras lembut nada atau bunyi. Dalam sebuah musik Irama merupakan penentu sebuah ketukan.

Irama berasal dari bahasa yunani rhythmos yang merupakan setiap gerakan berulang, merupakan gerakan yang di tandai oleh suksesi unsur yang kuat dan lemah dalam kondisi berbeda.

Dapat di definisikan sebagai cara di mana satu atau lebih ketukan tanpa aksen dikelompokkna dengan yang berakksen.

Irama tidak hanya ada pada seni musik saja tapi juga beberapa seni lain.

Beberapa seni yang terdapat irama seperti puisi, lukisan, patung dan arsitektur dan patung. Tidak hanya dalam seni tapi alam juga mempunyai sebuah irama seperti irama atau ritme biologis.

Mendefinisikan ritme dalam musik telah menghasilkan banyak ketidaksepakatan.

Dikarena ritme telah sering diidentifikasi sebagai satu atau lebih unsur penyusun.Tapi tidak sepenuhnya terpisah, unsur-unsur seperti aksen , meter , dan tempo.

Mengenal Lebih Jauh Irama Musik

Irama yang bisa di istilahkan sebuah ketukan pada musik sangat penting kaitannya saat kita sedang belajar tentang musik. Ketukan sendiri merupakan ukuran yang di gunakan dalam mengukur lama berbunyinya sebuah nada atau not.

Panjang dan pendeknya nada tidak dihitung berdasarkan ukuran waktu, tapi dengan ketukan atau irama. Sebuah ketukan ditandai dengan gerakan bolak-balik atau pulang-pergi secara lengkap.

baca juga Genre Musik

Suatu not atau nada dapat memiliki ukuran satu ketukan atau dipecah nilainya, misalnya 1/2, 1/4, 1/8, 1/16, dan seterusnya.

Sedangkan durasi satu ketukan ditentukan oleh tempo lagu. Tempo merupakan kecepatan gerakan bolak-balik atau pulang-pergi yang menandai terpenuhinya satu ketukan atau irama.

Jadi, jika tempo lagu adalah 60 bpm (beat per minute), berarti dalam satu menit terdapat 60 ketukan, sehingga dapat disimpulkan bahwa setiap ketukan memiliki kecepatan 1 detik.

Dan jika sebuah nada atau not memiliki nilai 1/4 ketukan, berarti nada tersebut harus dibunyikan sepanjang 1/4 detik.

Maka dapat disimpulkan bahwa panjang-pendeknya nada sangat ditentukan oleh pecahan nilainya. Bisa saja dalam lagu bertempo lambat, kamu perlu memainkan nada-nada pendek yang membuat perpindahan nada menjadi cepat.

Sebaliknya, dalam lagu bertempo cepat pun kamu masih bisa memainkan suatu nada dengan santai apabila nilai nada tersebut besar.

Kumpulan ketukan nada yang berulang dan saling sambung akan membentuk melodi. Yang kemudian, kumpulan dari melodi-melodi tersebutlah yang membentuk sebuah lagu.

Dapat disimpulkan bahwa sebuah lagu merupakan perpindahan dari satu melodi ke melodi berikutnya, sedangkan sebuah melodi merupakan kumpulan ketukan nada yang diulang-ulang.

Melodi berfungsi untuk memberikan motif atau warna pada lagu. Bagian atau segmen dari suatu baris melodi disebut ruas birama.

Pengertian Birama

Birama merupakan salah satu unsur seni musik yang berupa ketukan atau ayunan berulang-ulang, datang secara teratur dalam waktu yang sama.

Birama biasanya ditulis dalam angka pecahan seperti 2/4, 3/4, 2/3, dan seterusnya. Angka diatas tanda “/” (Penyebut) menunjukan nilai nada dalam satu ketukan.

Birama yang nilai penyebutnya genap disebut birama binair, sedangakan birama yang penyebutnya ganjil disebut birama ternair.

Dalam notasi balok (musik), birama adalah bagian /segmen dari suatu baris melodi, yang menunjukkan berapa ketukan dalam bagian tersebut.

Misalnya, birama ¾ maka nada-nada pada setiap ruas birama seharga 3 ketukan yang setiap ketukannya senilai ¼. Pada umumnya suatu birama dibatasi oleh garis birama. Biasanya suatu lagu pendek terdiri atas 8 atau 16 birama, sedangkan lagu standar terdiri atas 32 birama.

Macam-macam Birama

Ada 4 macam birama , yaitu :

  • Birama 2/4 , tiap birama terdiri dari 2 ketukan birama
  • Birama 3/4 , tiap birama terdiri dari 3 ketukan
  • Birama 4/4 , tiap birama terdiri dari 4 ketukan
  • Birama 6/8 , tiap birama terdiri dari 6 ketukan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: