Peran Public Speaking dalam Komunikasi

4 min read

Public speaking merupakan sarana komunikasi, komunikasi sendiri merupakan kumpulan atau gabungan dari beberapa bagian seperti komunikator, komunikan dan pesan.

Komunikasi sendiri dapat tersampaikan atas adanya media sebagai saluran komunikasi.

dalam kegiatan komunikasi yang berperan adalah komunikator sebagai pembawa pesan untuk menyampaikan gagasan kepada audience.

Tapi tidak jarang public speaking sering membuat kita gerogi malu atau malah takut jika baru pertama kali pengalamannya.

Cara Atasi Rasa Malu dan Panik di Depan Umum

Berikut salah satu solusi atasi rasa panik saat public speaking :

Ekspresi Malu
  • Rasa Malu

Malu yang merupakan faktor terbesar yang mempengaruhi rasa takut berbicara di depan umum atau di depan banyak orang, cara atasi rasa malu sendiri sangat mudah yakni dengan menganggap semua orang sama.

Orang yang ada di depan kita atau audience di depan kita. berbicara sesuai konteks yang ingin di sampaikan. Anggap semua yang hadir adalah teman kita untuk lebih santai dalam berbicara.

  • Mengajukan Pertanyaan

Sebagai komunikator kita harus berinteraksi walaupun sesekali pada komunikan, atau jika kita sebagai komunikan kita yang bisa mengajukan pertanyaan kepada komunikator.

Biasakan diri untuk bertanya, untuk melatih mental berbicara di depan umum.

  • Persiapan

Melakukan persiapan sebaik mungkin adalah hal yang selanjutnya bisa kita lakukan, mungkin kita sedang presentasi baiknya kita melatih diri untuk menampilkan presentasi sebaik mungkin.

Mempelajari materi presentasi dan mempersiapkan alat peraga atau pointer, hal ini bisa kita lakukan sehari menjelang presentasi.

Hal ini juga dapat membantu kita untuk dapat membawakan materi dan suasana pada acara untuk di stir senyaman kita, dengan begini acara adalah milik kita.

  • Menjadi diri sendiri

Berbicara dengan gaya sendiri atau menjadi diri sendiri adalah hal yang penting untuk membangun ciri khas diri kita.

Namun jangan lupa dengan konteks sopan dan menarik khas diri kita untuk membuat suasana menjadi kondusif serta impresif.

  • Kontak Mata

Kontak mata adalah hal penting dimana seakan-akan kita berinteraksi dengan masing-masing orang atau peserta audience di depan kita.

Dengan kontak mata merupakan hal yang di anjurkan untuk menghargai lawan bicara, dan juga menambah keseriusan kita saat berbicara dan melatih fokus.

  • Latihan berbicara

Latihan berbicara dengan sedikit orang terlebih dahulu, latihan yang bertujuan untuk menempa mental percaya diri kita agar tidak canggung saat berbicara.

  • Berdoa

Doa hal paling penting untuk mengawali dan mengakhiri sesuatu, berdoa dapat membantu membuat kita lebih tenang memberi getaran positif dan membuat kita lebih yakin dan percaya diri.

Cara Melatih Kemampuan Berbicara di depan Umum

Seminar

Berikutnya hal yang paling penting adalah bagaimana kita mempunyai kemampuan berbicara yang baik di depan umum?

Hal ini perlu dilatih untuk mendapatkan kepercayaan diri yang lebih, hal yang disebut ketrampilan ini bisa di asah dengan latihan.

Berikut beberapa metode yang dapat di terapkan untuk mendapat kemampuan berbicara di depan umum dengan baik :

  • Kenali Audience

Bukan perkenalan satu-persatu ya kalau audiencenya 1000 ya 2 hari baru selesai kenalannya hehe.

Biasanya pada suatu [ublick speaking tidak berjalan lurus suatu acara karena si komunikator tidak mengenal target atau lawan bicara dengan baik.

Yang dimaksud adalah apakah isi atau cara penyampaian pesan dapat di mengerti audience dengan baik atau tidak.

Bisa jadi kita terlihat pintar atau sebaliknya hehe

Hal yang perlu di perhatikan :

– Pengenalan audience siapa, usia dan gendernya fokus pada apa tujuan kamu berbicara di depan para audience.
– Mencari tahu sebanyak apa jumlah audience yang akan hadir, tingkat pendidikan, agama, ekonomi, gender, usia. Apakah audience orang yang mengenal kita atau bukan.
– Menambah wawasan untuk dapat menjawab pertanyaan yang di berikan audience pada kita dengan nyaman, santai dan tepat.

  • Cara Berpikir atau Mindset

Mindset yang harus kita kendalikan adalah mindset yang selalu positif, karena pikiran negatif akan mengganggu kemampuan kita dalam berbicara.

Cara merubah mindset sendiri sangat simple, berikut tips merubah mindset :

Bayangkan diri kita sedang berbicara dengan percaya diri dan respon audience yang positif, bayangkan manfaat yang kita berikan kepada audience serta selalu ingatkan diri kita jika kita sedang berada di tempat dan waktu yang tepat.

Hilangkan rasa gugup dan takut, jika kita takut akan semakin memperkeruh suasana jadi belajarlah untuk perlahan santai dan tenang.

Berpikir secara positif, Pikiran positif adalah hal yang paling utama yang harus terus di tanamkan, ubah cara berpikir dengan penuh kepercayaan diri, tanamkan motivasi kepada diri kita jika kita bermanfaat untuk audience, dan mereka semua menunggu kita untuk bercerita membawakan pesan.

– Tanamkan bahwa berbicara di depan audience ini adalah sebuah penghargaan, penghormatan dan kita sedang di nanti untuk memberikan sebuah informasi yang sangat berharga.

  • Belajar merasa nyaman dengan keheningan

Keheningan adalah suasana yang tepat untuk mengingat kembali materi apa yang akan kita bawakan, saat yang tepat untuk mengambil nafas.

– Anggapan bahwa berbicara merupakan satu pilihan yang bukan merupakan suatu hal yang perlu di lakukan karena kita sedang berdiri di depan banyak orang berbicara merupakan suatu hal yang dilakukan karena kita sudah siap.

– Nyaman dengan kehaningan akan memudahkan memberi jeda dan interval saat sedang berbicara di depan umum.

– Gunakan keheningan sebagai kesempatan untuk menyadari perasaan dengan menenangkan diri. Dalam keheningan kita akan mendapatkan momen yang pas untuk menyampaikan sesuatu yang mengena pada audience atau pernyataan yang mengesankan apalagi di saat audience sedang meresapi sesuatu.

  • Mencari tahu Pola Bicara

mencari tahu cara bicara atau pola bicara kita akan memudahkan kita untuk menaikkan kemampuan bicara kita.

Caranya sebagai berikut :

– Perhatikan semua kata yang kita gunakan saat berbincang dengan orang lain.

– Kebiasaan berbicara yang terus terulang yang kita miliki tanpa di sadari akan meresap dalam diri kita. Tentukan perilaku apa yang sudah biasa menjadi kebiasaan baik secara verbal atau non verbal.

– Mulai membenahi perilaku yang menjadi kebiasaan yang bisa di katakan cukup buruk, dan terutama adalah perilaku yang membuat kita terlihat gugup.

– Kebiasaan ini bisa kita ubah dengan menyadari gaya kita dalam segala situasi.

Menyiapkan Rencana dalam Public Speaking

Menyiapkan rencana yang matang akan membuat apa yang kita sampaikan terkesan natural dan normal. Asalkan kita sudah merasa familiar dengan apa isi pidato kita agar kita tidak merasa stres.

Menuliskan sebuah kerangka pidato tidak perlu seluruh isi yang ingin kita bicarakan, tapi cukup kerangkanya, pastikan dengan menuliskan kerangka kita sudah bisa menyampaikan keseluruhan poin yang akan di sampaikan.

Kerangka ini akan membuat kita lebih mengalir jadi resiko lupa terhadap point yang akan di sampaikan sangat kecil.

Menyertakan kalimat inti yang akan kita sampaikan dalam kerangka, kalimat inti ini akan membantu audience untuk menangkap apa maksud dari pesan atau informasi yang kita bawakan.

Tidak menutup kemungkinan kita akan membicarakan hal lain saat sedang berbicara di depan umum, hal di luar tema nah dengan bantuan kerangka kita bisa kembali kepada topik utama dengan mudah.

Latihan ketrampilan dengan merekam sendiri suara kita dan berkaca di depan cermin juga akan membantu kita lebih siap untuk berbicara di depan umum.

Melatih untuk berbicara lebih perlahan saat di depan umum agar benar-benar tersampaikan dengan jelas apa maksud pesan kita.

Diperlukan belajar tempo berbicara, yang bisa dilatih sendiri.

Berlatih sebelum atau jauh sebelum acara akan membuat kita hafal isi atau pesan apa yang akan kita sampaikan. Ini salah satu untuk membuat jalannya pembicaraan terkesan natural dan santai.

Bagian tengah yang menjadi bagian yang memerlukan perhatian khusus untuk sering di latih karena dibagian ini paling besar resiko terlupakan.

Tips Berbicara di Depan Umum

  • Beristirahat dengan tenang semalam sebelum acara agar terasa segar.
  • Berlatih untuk menghindari ketergantungan terhadap teks dan menghadapi audience dengan baik.
  • Senyum dan berpikiran positif.
  • Membuat persona alternatif seperti orang yang memiliki ketrampilan berpidato dengan hebat di atas panggung .
  • Tetap bernafas dan santai.
  • Memulai dengan bercerita tentang cerita lucu atau opening yang berkesan.

Nah berikut tips untuk berbicara di depan umum atau lebih di sebut dengan public speaking, jika ada kurang lebihnya mohon dimaklumi ya.

Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: